Ahok, Pahlawan Kota Jakarta

Pahlawan.
Apa yang pertama kali terlintas di benakmu ketika mendengar kata tersebut?
Seseorang yang menghunus pedang dan berjuang mengusir penjajah dari bumi pertiwi?
Seseorang yang berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia?
Yes, tidak salah. Mereka memang pahlawan. Berkat merekalah kita dapat hidup nyaman di Indonesia ini.

Heroes represent the best of ourselves, respecting that we are human beings. A hero can be anyone from Gandhi to your classroom teacher, anyone who can show courage when faced with a problem. A hero is someone who is willing to help others in his or her best capacity.Ricky Martin

Gue lagi asik nonton TV kabel sore itu. Tiba-tiba pikiran random merasuki otak gue.
Apa sih arti pahlawan itu?
Iya, gue emang suka random. Kadang lagi asik main video game, gue bisa memusingkan prestasi AC Milan yang tak kunjung membaik hingga berapa jumlah minion yang ada di rumah Gru.

Di era modern ini, tentunya kita tidak perlu berjuang untuk kemerdekaan. Para pendahulu kita sudah melakukannya dan memberikan kita kemerdekaan ini. Lantas, apakah sudah tidak ada lagi yang diperjuangkan agar kita bisa menjadi pahlawan?

Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat kepada para pejuang kemerdekaan, menurut gue saat ini kita masih terjajah. Memang, bukan terjajah oleh bangsa asing seperti dulu. Kita dijajah oleh bangsa kita sendiri. Para koruptor merajalela dan menggerogoti kehidupan masyarakat Indonesia. Para koruptor membuat sebagian besar masyarakat Indonesia tidak dapat menikmati kekayaan Indonesia.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Gue sempat apatis.
Iya.
Gue udah merasa semua pemimpin negara ini, dari tingkat terendah hingga tertinggi, adalah koruptor.
Tapi semua berubah ketika negara api menyerang, eh, maksud gue ketika gue ketika gue melihat sosok Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dikenal dengan Ahok.

ahok gubernur dki jakarta

Ahok saat pelantikan gubernur DKI Jakarta

Gue pertama kali mengenal sosok beliau saat pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012. Saat itu beliau maju bersama Joko Widodo yang saat ini telah menjadi Presiden Republik Indonesia. Mereka maju untuk menantang gubernur periode sebelumnya, Fauzi Bowo (Foke).

Gue orangnya kepo. Walaupun saat itu KTP gue bukan KTP Jakarta, gue tetap penasaran dengan sosok beliau. Gue pun mulai pencarian gue dengan rekam jejak beliau saat masih menjabat sebagai bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Ternyata di bawah pimpinan beliau, Belitung Timur tumbuh pesat. Reformasi sistem keuangan dan birokrasi menjadi dasar pembangunan tersebut. Belitung Timur pun mampu memberikan pelayanan kesehatan gratis dan sekolah gratis hingga SMA. Pembangunan jalan dan lainnya pun mampu berjalan dengan baik.

Pada tahun 2006, majalah TEMPO menobatkan Ahok sebagai salah satu tokoh yang mengubah Indonesia. i tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia.

Pada tahun 2012, Ahok maju bersama Jokowi untuk menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. Terpilihnya Jokowi sebagai presiden RI pada tahun 2014 membuat Ahok duduk menjadi orang nomor 1 di DKI Jakarta.

Ahok dan Korupsi

ahok tidak korupsi
Ahok dikenal sebagai sosok yang transparan dan anti korupsi. Beliau secara berkala memberikan informasi mengenai kekayaannya di situs pribadi ahok.org. Selain itu, beliau juga suka memberikan update mengenai kegiatannya selama menjabat sebagai aparat negara.

Sikap Ahok dalam menentang perilaku korupsi dan mereformasi pemerintahan membuatnya banyak ditentang, khususnya oleh para koruptor.
Masih segar di ingatan ketika DPRD Jakarta menganggarkan UPS seharga masing-masing 6 milyar rupiah. Wow, kalau smart TV dianggarkan mereka kira-kira bagaimana yah?

Ahok dan Jakarta

Selain sosok anti korupsi, Ahok juga dapat disebut sebagai bapak pembangunan DKI Jakarta saat ini. Banyak perubahan yang telah beliau lakukan. Salah satunya adalah mereformasi birokrasi DKI Jakarta yang berbelit-belit. Sistem pelayanan satu pintu yang diterapkannya mampu membuat pengurusan dokumen dan lainnya menjadi efektif dan efisien.

waduk pluit

Selain itu, Ahok juga melakukan banyak perubahan dari tata kota, seperti :

  • Pembangunan taman kian digalakkan sehingga Jakarta kini semakin hijau.
  • Relokasi warga pinggir sungai yang membangun tempat tinggal secara ilegal.
  • Normalisasi waduk untuk pencegahan banjir
  • Perbaikkan dan peningkatan armada transportasi umum untuk mengurangi kemacetan
  • dan masih banyak lagi yang lainnya!

Ahok telah banyak membawa perubahan bagi kota Jakarta. Beliau telah menjadi jawaban atas segala keruwetan yang selama ini menghantui ibu kota tercinta ini. Menurut saya, sudah selayaknya Ahok disebut sebagai Local Heroes bagi kota Jakarta.

Tentang Made for Minds

made for minds
Made for Minds adalah slogan dari DW-TV, saluran televisi milik Deutsche Welle. Deutsche Welle merupakan perusahaan media ternama asal Jerman. Melalui slogan tersebut, DW-TV ingin menunjukkan bahwa para pemirsanya adalah orang-orang yang spesial. DW-TV dapat dinikmati melalui channel 122 pada layanan TV kabel dari MyRepublic.

Pada tahun 2012, DW-TV meluncurkan sebuah program bernama Innovator yang ditayangkan di beberapa televisi lokal Indonesia. Program Innovator menyuguhkan perkembangan sains dan teknologi terkini bagi para pemirsa di Indonesia.

Share this Post

Related Post

Kenapa Saya Memilih Jokowi? Kenapa saya memilih Jokowi? Saya bukan seorang pengamat ataupun pakar politik. Saya menulis tulisan ini karena saya merasa harus berbagi kepada teman-...
Kumpulan Ciutan #SaveHajiLulung Terfavorit #SaveHajiLulungOke guys, hari ini gue dikejutkan oleh salah satu trending topic worldwide di Twitter. Apa itu? #SaveHajiLulung! Mungkin bule-bule...
Got Married! Hey!! it's been a while since my last post! xDI've been busy a couple months a go. Guess what, I got married!Siapakah wanita beruntung yang te...
Kecewa Dengan Masterweb! Setelah menggunakan Masterweb dan Hawkhost, gue akhirnya menggunakan Niagahoster. Silakan baca pengalaman gue selengkapnya. Kali ini gue akan menamba...